Temu Wali Siswa; Ikhtiar Madrasah Dalam Merajut Kebersamaan Dengan Para Wali Siswa

Temu Wali Siswa; Ikhtiar Madrasah Dalam Merajut Kebersamaan Dengan Para Wali Siswa

Suasana temu wali di sesi serap aspirasi bersama wali kelas kepada wali siwa

    Mts1annuqayah_Madrasah Tsanawiyah 1 Annuqayah sukses mengadakan Temu Wali Siswa pada Selasa (05/03) yang bertempat di Aula MTs. 1 Annuqayah pada jam 08.00 WIB. Bpk. Abd. Basith, selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai media silaturahmi antara pihak madrasah, baik dari jajaran pimpinan, BK dan wali kelas dengan para wali siswa. Pun demikian, kegiatan ini sebagai wadah dalam meyosialisasikan hal-ihwal kemadrasahan dan kesiswaan. 

    Acara yang dihadiri oleh sekitar 580 wali siswa kelas VII dan VIII ini dimulai pada jam 08.45 WIB yang dipandu langsung oleh Bpk. Moh. Azizi, S.Ag. selaku pembawa acara yang sekaligus membuka serangkaian kegiatan pada acara temu wali siswa ini. Lebih lanjut, Bpk. M. Sattar, selaku kepala madrasah, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait keprihatinan dan harapan beliau ke depan. Terutama yang berkaitan dengan siswa. Pada perjalanannya, selama ini banyak ditemui beberapa persoalan di lapangan, semisal siswa malas dan juga siswa yang sering tidur di kelas. Sebenarnya ini bukan masalah baru menurutnya, melainkan sudah turun-temurun dan belum dijumpai solusi yang jitu hingga saat ini. Harapannya, melalui forum ini, berbagai persoalan yang ada kaitannya dengan siswa, seperti yang sudah disebutkan di muka, bisa ditemukan jalan keluarnya. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari, namun baru terealisasi pada saat sekarang ini.

    Di sisi lain, K Ainul Haq, sebagai wakil dari pengurus Yayasan Annuqayah yang sekaligus menjabat sebagai Ka.Bid. Pendidikan Dasar dan Menengah PP. Annuqayah dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal, merespon pelbagai persoalan yang disampaikan oleh kepala Madrasah sebelumnya. Beliau bertutur tentang bagaimana anak didik bisa sukses dalam mengenyam pendidikan. “Agar anak didik bisa sukses, tiga komponen harus ada dan harusnya saling mendukung; anak didik, orang tua, dan guru. Nah, ini yang harus diperhatikan.” Tutur beliau. Beliau juga menekankan betapa pentingnya peranan orang tua dalam membimbing dan mengawasi para siswa, bahkan beliau juga menganjurkan untuk bersedekah dikhususkan untuk kesuksesan anaknya sebab hal ini merupakan salah satu perantara dibukakannya pintu pemahaman kepada para anak didik.

    Sambutan ini kemudian dilanjutkan oleh K.H. Abd. Halim Isma’iel selaku pengurus Yayasan yang membidangi donatur Yayasan Annuqayah. Beliau mengamini pernyataan K. Ainul Haq pada sambutan sebelumnya tentang pentingnya bersedekah dan dampak baiknya terhadap anak didik. K. Halim, sapaan akrab beliau, berkisah tentang dinamika pendidikan di Annuqayah tempo dulu yang dari segi pembiayaannya bersumber dari donatur, namun sudah tidak untuk sekarang. Karenanya, Yayasan Annuqayah, dibawah kepemimpinan K.H. Abbadi Ishomuddin ingin menghidupkan kultur yang sudah lama hilang. Membuka donasi untuk PP. Annuqayah pada umumnya, lebih-lebih bagi lembaga pendidikan. Baik kepada unsur guru, wali santri, maupun simpatisan.

    Sesudah serangkaian sambutan tadi, acara dilanjutkan dengan penyampaian umum tentang tata tertib madrasah dan sosialisasi aplikasi MTs. 1 Annuqayah kepada para wali siswa. Untuk tata tertib disampaikan oleh Bpk. Mohammad Surawi selaku Koord. BK, sedangkan untuk aplikasi madrasah disosialisakan langsung oleh Bpk. Adnan Hariswanto.

    Kemudian, sebelum purnanya acara, kegiatan ini dilanjutkan oleh musyawarah antara pihak madrasah dengan para wali siswa. Sebagai media sharing dan hearing. Para wali siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini bisa dilihat dengan animo para wali siswa yang hendak menyampaikan aspirasinya. Cukup banyak, bahkan karena terbatasnya waktu, aspirasi wali siswa tidak tertampung semua. Baik menyangkut kedisiplinan siswa, perizinan, penanganan siwa bermasalah, teknis donasi untuk wali siswa, dll. Dus, kegiatan ini dipungkasi dengan pembacaan doa oleh K. Moh. Sirri, selaku guru senior di PP. Annuqayah (_Sya/Az)

Share
3 Comments
  • comment author
    Ah. Nizar
    Jumat, 08 Maret 2024

    Apa ada beberapa poin kesepakatan antara wali Murid dan pihak madrasah??

  • comment author
    Ah. Nizar
    Jumat, 08 Maret 2024

    Jika ada beberapa kesepakatan itu bisa disosialisasikan ke guru guru, biar sama sama tahu

  • comment author
    M. Sattar Syam
    Rabu, 12 Juni 2024

    Bpk. Ah. Nizar Sebenarnya bukanlah kesepakatan, melainkan informasi penting yang tersampaikan dari madrasah kepada wali siswa dan inspirasi wali sisws tersampaikan kepada madrasah.

Berikan Komentarmu