Upacara Tingkatkan Kecintaan Terhadap Bangsa dan Negara

Upacara Tingkatkan Kecintaan Terhadap Bangsa dan Negara

    mts1Annuqayah_kamis (29/02) Laksanakan upacara bendera. Petugas upacaranya dari kelas VII F. Ada 15 orang dari peserta didik kelas VII F yang terpilih menjadi petugas upacara. Mereka bertugas sebagai (1) pembaca tata upacara (MC); (2) pemimpin upacara; (3) pembawa teks Pancasila (ajudan); (5) pengibar bendera (3 orang); ( 6) pembaca UUD 1945; (7) pembaca doa; (8) pemimpin pasukan (6 orang) dan (9)  konduktor/dirigen. Sementara yang lain bertugas sebagai tim paduan suara.

    Upacara bendera merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah, baik sekolah negeri maupun swasta. Kewajiban ini berdasarkan Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP).

    Upacara di MTs 1 Annuqayah rutin dilaksanakan meskipun tidak bertepatan dengan hari senin sebab pelaksanaan upacara setiap minggu berganti hari dan berganti petugas per kelas. Seperti upacara pada kali ini kamis 29/02 Upacara dimulai pada pukul 07:05 peserta upacara seluruh siswa kelas VII A sampai kelas VII G dengan petugas upacara kelas VII F. Bapak andriyanto S.Pd.I. sebagai wali kelas dari kelas VII F Sekaligus menjadi pembina upacara. Yang mana dalam amanatnya menyampaikan harapan kepada seluruh siswa kelas VII, untuk tidak membuat alpa atau menambah alpa kehadiran saat jam pelajaran apalagi melebihi batas maksimal alpa. " perjuangan kalian mulai dari semester 1 jangan sampai terbuang sia sia karena alpa yang kalian buat" pungkasnya.

    Pesan dan kesan yang disampaikan guru mengenai kegiatan upacara bendera bahwa siswa  semakin disiplin dalam melaksanakan upacara baik sebagai petugas atau sebagai peserta " anak-anak semakin disiplin meskipun masih banyak kekurangan yang harus dievaluasi" ucap bapak Ach. Kurdi S.Pd.I.

    Upacara kali ini merupakan upacara terakhir sebelum berlibur ramadhan untuk itu pesan yang disampaikan oleh pembina upacara kepada siswa untuk tetap menjaga akhlak dan nama baik pesantren secara umum, madrasah secara khusus._(pou/kyu)

Share
2 Comments
  • comment author
    M. Sattar Syam
    Sabtu, 02 Maret 2024

    Melihat manfaat upacara, akan sangat baik, kalau diadakan upacara khusus pimpinan, guru, dan karyawan. Jadi tidak hanya siswa saja.

  • comment author
    Andriyanto
    Kamis, 07 Maret 2024

    Enggi lerres kaintoh...

Berikan Komentarmu